Jumat, 10 Agustus 2012

Renovasi Pasar Desa Padangan (PF)


Desa Padangan memiliki sebuah pasar sentral yang terletak di dekat area kantor Desa. Pasar ini buka pukul 4 sampai 7 pagi. Bangunan pasar ini merupakan bekas SD dan kurang lebih berukuran 3 ruang kelas SD dan tidak bertingkat. Setiap pagi, area ini sangat padat penjual dan pembeli dari seluruh Desa Padangan.

Baru-baru ini sebuah peraturan dari pemerintah mengharuskan pasar dari suatu Desa, harus bertingkat dua. Atas dasar itu, aparat desa memutuskan untuk merenovasi pasar Desa Padangan dan para penjual yang selama ini berjualan di Pasar Desa Padangan, dipindahkan sementara ke pasar semi permanen yang dibuat dari bambu yang letaknya di sekitar area olahraga.

Sebagai Mahasiswa yang sedang ber-KKN PPM di Desa Padangan, Mahasiswa berinisiatif untuk berpartisipasi dalam proyek renovasi pasar. Renovasi pasar ini berlangsung pada tanggal 6-8 Agustus 2012 yang dibagi menjadi beberapa tahap. Hari pertama dilakukan pembongkaran Atap termasuk kuda-kudanya.

Hari berikutnya, dilakukan pembongkaran tembok dan pembersihan sisa puing-puing yang masih berceceran di sekitar bekas pasar. Para Mahasiswa KKN PPM V UNUD beserta warga desa Padangan bergotong royong mengerjakannya.


Setiap harinya, Warga yang bergotong royong dibagi berdasarkan banjar-banjar yang ada di Desa Padangan. Setelah beberapa hari, akhirnya Pasar berhasil dirubuhkan dan Pasar semi permanen yang telah dibangun sebelum pembongkaran juga telah jadi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar